KONSEP DAN PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI AKHLAK PADA SURAT AL-HUJURAT DALAM TAFSIR AL-MARAGHI

Septia Mardiana

Sari


Alquran sebagai kitab suci yang sudah dijamin akan tetap relevan dan tidak lekang dengan batas-batas ruang dan waktu. Di dalamya mengandung banyak nilai dan pesan universal yang berbicara tentang berbagai segi kehidupan. Nilai dan pesan-pesan tersebut selayaknya digunakan manusia sebagai pedoman hidup. Diantara surat yang lebih fokus dan intens berbicara mengenai nilai akhlak ialah surat Al-Hujurat. Dalam rangka mencari nilai-nilai akhlak pada surat Al-Hujurat maka digunakan tafsir Al-Maraghi sebagi rujukan karena corak tafisr Al-Maraghi lebih cenderung kepada adab al-ijtima’i. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu menggunakan informasi dari buku-buku atau kitab-kitab yang berhubungan dengan pembahasan. Konsep pendidikan nilai akhlak yang terdapat dalam surat Al-Hujurat pada kajian ini diklasifikasikan menjadi enam. Pertama, sikap tidak mendahului Allah dan RasulNya. Kedua,tidak meninggikan suara. Ketiga, tabayyun (klarifikasi). Keempat,cara menyelesaikan persengketaan diantara kaum muslimin, meliputi sikap; ishlaḥ (perdamaian), al-adl (adil), ukhuwah (persaudaraan). Kelima, larangan mengolok-olok (syukhriyyah), berprasangka buruk (su’u al dzan), mencari-cari kesalahan (tajassus), dan menggunjing (ghibah).Dan keenam,manusia diciptakan berbagai bangsa untuk saling mengenal, meiputi sikap; ta’aruf (saling mengenal), dan musawah (persamaan derajat). Penerapan konsep pendidikan nilai akhlak di sekolah itu sendiri dilakukan melalui Pendidikan Agama Islam, pendidik dan peserta didik, dan kegiatan ekstrakulikuler.

Kata kunci: Pendidikan Nilai, Akhlak, Surat Al-Hujurat, Tafsir Al-Maraghi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Amsyari, Fuad. Masa Depan Umat Islam Indonesia: Peluang dan Tantangan. Bandung: Kelompok Penerbit Mizan, 1993.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 2009.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Madinah: Percetakan Raja Fahd, 1990.

Elmubarak, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta, 2013.

Hanafy, Muh. Sain. Paradigma Pendidikan Islam dan Upaya Pengembangannya pada Madrasah. Samata: Alauddin University Press, 2012.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI, 2005.

Kartini. Pengantar Metodologi Reseaarch Sosial. Bandung: Alumni, 1980.

Latif, Abdul. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Maraghi (al), Ahmad Musthafa. Tafsir Al-Maraghi. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2006.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKIS, 2011.

Nawawi, Rif’at Syauqi. Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah, 2011.

Shihab, M. Quraish. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalaan Umat. Bandung: Mizan, 1997.

Shirazi, Dastghaib. Moral Values of al-Qur’an: A Commentary on Surah Hujuraat. Qum: Ansariyan Publication, 2005.

Zakiyah, Qiqi Yuliati, dan A. Rusdiana. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.