PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI IMPLEMENTASI BERMACAM METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PAI DI SEKOLAH)

Abd. Khaliq

Sari


Siswa merupakan aset masa depan bangsa. Berbagai masalah yang terjadi di kalangan siswa merupakan representasi dari dekadensi moralitas di Negeri ini, baik permasalahan yang terjadi di Sekolah atau di luar sekolah. Melalui pemberitaan media massa koran atau elektronik, masyarakat bisa mengetahui beberapa perilaku amoral siswa, diantaranya, siswa yang tidak disiplin di Sekolah, malas belajar, suka berbohong, perkelahian antar pelajar, balapan liar di jalan, minum-minuman keras, narkoba, sek bebas, pencurian, dan perampokan. Hal ini, membutuhkan perhatian khusus dalam pembelajaran pembinaan akhlak yang lebih serius di Sekolah. Terutama bagi guru pendidikaan agama Islam, agar bisa menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan dalam diri siswa dengan maksimal, sehingga siswa benar-benar memiliki pengetahuan dan akhlak yang mulia. Peran guru sangat urgen dalam pembentukan moral siswa. Tugas utama guru adalah mentransmisi ilmu pengetahuan kepada siswa, kemudian mengawasi, mengevaluasi dan memberi teladan. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Metode membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan mudah. Bagitu juga, metode sangat berpengaruh dalam pembinaan akhlak siswa. Bermacam metode yang bisa digunakan oleh guru PAI dalam menyampaikan materi PAI yaitu, metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan, demontrasi, karya wisata, keteladanan, anugerah dan hukuman, kisah, sosio-drama, nasehat, perumpamaan dan lainnya. Pengaplikasian setiap metode tergantung pada situasi dan kondisi siswa dan juga kondisi materi yang dibahas. Dalam menyampaikan materi PAI guru bisa mengkombinasikan beberapa metode, ,,supaya pembelajaran lebih menarik, efektif dan efesien.

Kata Kunci : Pembinaan Akhlak, Metode Pembelajaran PAI.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Ghazali. mengobati penyakit hati membentuk akhlak yang mulia, Terj. Muhammad al-Baqir . Bandung Karisma.2003.

Achmad Patoni. Metodologi Pendidikan Pendidikan aAgama Islam Jakaerata: PT.Bina Ilmu. 2004.

Arief, Armai . Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam . Jakarta : Ciputat Press. 2002

Azmi, Muhammad. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah . Yogyakarta: Blukar. 2006.

Dewan Guru Gontor .Tarbiyah Watta’lin. Ponogoro. 1996.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III .Jakarta: Balai Pustaka. 2005.

Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Karya Unipress. 1993

Gintings, Abdurroman. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran . Bandung: Humaniora. 20I0.

https://joharcom.wordpress.com

Idris,Manan dkk. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Malang: UM Pres. 2004.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta:LPPI. 1999.

Mohammad, Omar.Falsafah Pendidikan Islam .Jakarta : Bulan Bintang, 1979

Muhammad Al-Syaibani,Umar.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bulan Bintang. 1979.

Munaf, Husain. Ensiklopedi Islam .Jakarta:Gunung Agung. 1958.

Mustofa, A. Akhlak Tasawuf. Bandung : CV Pustaka setia.1997.

Nata, Abudin . Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 200I.

Nata, Abuddin.Metodologi Studi Islam . Jakarta: Raja Grafindo Persada.2003.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan (Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia) . Jakarta: Kencana. 2010.

Partanto ,Dahlan al-Barri & M. Pius A. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Arkola. 1994.

Ritonga, Rahman. Akhlak (Merakit Hubungan dengan Sesama Manusia) . Surabaya: Amelia Surabaya. 2005.

Riza, Muhammad. Keseimbangan Akal dan Hati Nurani. (Online). (http://rizamuhammad.blogspot.com/2008/12/kesimbangan-akal-dan-hati-nurani.html?m=1) di akses 13 Januari 2018, 85-86. 2008.

Sudarsono. Etika Islam Tentang kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta. 1993.

Saliman & Sudarsono, Kamus Pendidikan, Pendidikan dan Umum.Jakarta: Rineka Cipta. 1994.

Surakhmad.Pengantar interaksi Belajar Mengajar .Bandung : Tarsito. 1998

Tatapangarsa, Humaidi. Pengantar Kuliah Akhlak. Surabaya: Bina Ilmu. 1984.

Usman ,Basrudin M. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Press. 2004.

Yahya, Yurudik. 2016, Definisi Pembinaan atau pengertian Pembinaan (Online), (http//www. Definisipengertian.com/2016/06. html) diakses 13 Januari 2018.

Yamin, Martinis. Strategi & Metode dalam Model embelajaran . Jakarta: GP Press Group. 20I3.

Yulis, Rama.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.1994.

Yunus, Mahmud.Tabiyah watta’lin.Gontor Ponorogo. 1999.

Zein , Muhammad. Methodologi Pengajaran Agama.Yogyakarta, AK Group dan Indra Buana, 1990.

Zuhairini.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.1995.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.