PERUMUSAN VISI DAN MISI MADRASAH DALAM PERSPEKSTIF FILSAFAT ADMINISTRASI

Syaiful Khafid

Sari


Visi merupakan gabungan antara mimpi dan kenyataan. Visi erat kaitannya dengan misi. Kalau visi merupakan pernyataan tentang gambaran global masa depan dan diawali dengan kata menjadi maka misi adalah pernyataan formal tentang tujuan utama yang akan direalisasi dan diawali dengan kata kerja. Jadi kalau visi berupa ide, cita-cita dan gambaran masa depan yang tidak terlalu jauh maka misi sebagai usaha konkritisasi visi dalam wujud tujuan dasar yang akan dicapai. Visi dan misi madrasah ialahpenjabaran atau spesifikasi visi dan misi pendidikannasional yang disesuaikan dengan latar belakang dan kondisi lokal. Beberapa madrasah yang berada dalam suatu cluster yayasan atau pondok pesantren boleh mengembangkan visi dan misi bersama kalau latar belakang dan kondisi lokal dari sekelompok madrasahitu berkemiripan. Visi dan misi madrasah disusun dalam sudut pandang filsafat administrasidengan membangun sejaring administrasi madrasah menjadi tertibsesuai dengan standar mutu.

Kata kunci: visi, misi, madrasah, filsafat administrasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, H.M. Faried. 2006. Filsafat Administrasi. Edisi ke-1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idris, Jamaluddin. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Suluh Press.

Khafid, Syaiful. 2006. Perumusan Visi dan Misi Sekolah yang Benar dalam Perspektif Ilmu Manajemen. Dalam Media, 10 (XXXVI): 17-20.

Sinamo, Jansen. 2000. Strategi Adaptif Abad ke-21 Berselancar di Atas Gelombang Krisis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A.B. 2008. Visi & Misi: Langkah Awal Menuju Strategic Management. Cetakan II. Jakarta: The Jakarta consulting Group.

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Surabaya: Matapena.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
 |  Tambah Komentar