EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTS NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM
Sari
Salah satu dampak yang ditimbulkan dari minimnya alokasi waktu untuk pembelajaran agama Islam terutama fiqh tentunya akan membuat hasil belajar siswa tidak maksimal. Penggunaan metode mind mapping menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs NW Badrussalam Sekarbela Mataram. Studi penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan mengamati dan mencatat fenomena yang diteliti, wawancara mendalam kepada guru dan siswa terkait pelaksanaan pembalajaran dan metode yang digunakan serta tes hasil belajar siswa untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah tindakan berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Fiqh kelas VIII MTs NW Badrussalam dilihat dari hasil yang dicapai siswa, yaitu sebesar 94,44% siswa berhasil belajar dengan baik dan 5,55% siswa belum berhasil.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.