IMPLEMENTASI PROJEK KEWIRAUSAHAAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Sari
Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan dan tantangan implementasi projek kewirausahaan dalam konteks Kurikulum Merdeka di MIN 7 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Informan penelitian adalah guru, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV MIN 7 Boyolali. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan gambaran menyeluruh perihal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tantangan projek kewirausahaan kelas IV MIN 7 Boyolali. Proses perencanaan dimulai dengan pembentukan tim fasilitator dan identifikasi lingkungan sekitar MIN. Rancangan projek berfokus pada pembuatan ayam krispi dengan tujuan pengembangan keterampilan kewirausahaan dan karakter peserta didik. Pelaksanaan projek melibatkan partisipasi aktif guru dan peserta didik dengan berpedoman pada modul projek. Evaluasi projek menunjukkan adanya penilaian berkelanjutan terhadap capaian tujuan belajar. Tantangan terjadi dalam pelaksanaan projek, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya. Urgensi penelitian untuk memberikan pemahaman mendalam tentang implementasi projek kewirausahaan dalam Kurikulum Merdeka di pendidikan dasar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.