IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 CIJULANG
Sari
Pendidikan Berbasis Kelas (PBK) adalah proses penilaian yang dilakukan oleh tenaga pendidik terhadap peserta didiknya. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kompetensi pencapaian siswa terhadap kemampuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui implementasi penilaian berbasis kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Cijulang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui obervasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Cijulang. Penelitian kualitatif deskriptif ini berfokus pada implementasi penilaian berbasis kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Cijulang. Hasil penelitiannya menemukan bahwa SMP Negeri 1 Cijulang telah menerapkan proses penilaian berbasis kelas ini dengan berbagai metode seperti Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, dan Ulangan Akhir Semester. Adapun beberapa problematika yang menghambat tidak tercapainya PBK ini diantaranya tidak banyak siswa yang memiliki latar belakang berbeda-beda termasuk broken home. Sehingga dalam proses PBK ini terhambat dan tidak berjalan secara efektif. Maka dari itu terkadang para pendidik harus memberikan apresiasi berupa simbolis dan mengadakan remedial ketika ada nilai yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.